Cara Membalik Nama Sertifikat Tanah

Cara Membalik Nama Sertifikat Tanah

Cara Membalik Nama Sertifikat Tanah – Informasi dan ketentuan yang tidak lengkap menyebabkan banyak masyarakat , terutama di daerah terpencil sama sekali tidak memahami mengenai tata cara balik nama untuk sertifikat tanah. Padahal membalik nama sertifikat dengan segera itu sangat penting demi menghindari masalah pada kemudian hari.

Sebagai contohnya, apabila anda sudah meninggal dan ingin mewarisi tanah dan bangunan anda kepada anak – cucu, tapi bukan berarti aset anda yang di tinggalkan, bisa saja sengketa keluarga yang di wariskan. Penyebab jelasnya adalah karena nama yang tertera pada sertifikat bukanlah atas nama anda. Dari banyaknya kasus yang pernah terjadi di sekitar, persoalan balik nama ini bukanlah hal yang sepele.

Berikut ini hal penting yang harus di perhatikan ketika membalik nama sertifikat tanah

Pastikan Letak dan Luas Tanah

Pastikanlah kondisi fisik tanah tersebut apakah sudah pas atau belum. Karena ini akan menjadi kepastian objektif yang menunjukkan batas dari kepemilikan tanah. Biasanya keternagan objektif ini dinyatakan dalam bentuk surat ukur ataupun gambar situasi yang menunjukkan letak, batas, bentuk dan luas tanah. Kelebihan lainnya adalah agar tanah anda ini tidak tumpang tindih dengan tanah milik orang lain.

Status Kepemilikan Tanah

Sebelum ke kantor BTN, lebih baik anda mencari tahu terlebih dahulu status dasar hukum dari kemepilikan tanah tersebut. Entah itu hasil dari jual beli, warisan, barter, atau bahkan hibah. Biasanya catatan tersebut tercantum dalam sertifikat tanah, dan juga dalam riwayat kepemilikkan tanah.

Persyaratan Lengkap

Mengutip laman resmi BPN, berikut ini persyaratan untuk membalik nama sertifikat :

  • Formulir permohonan yang sudah di isi dan di tandatanganin oleh pemohon
  • Surat kuasa apabila dikuasakan
  • Fotokopi identitas dari pemohon dan juga penerima hak (KTP,KK) serta kuasa apabila dikuasakan
  • Sertifikat asli
  • Untuk perorangan yang keperdataannya tunduk pada hukum perdata di buktikan dengan penetapan pengadilan.

Prosedur Balik Nama

Waktu yang di butuhkan biasanya sekitar tujuh hari kerja untuk sertifikat baru itu selesai.

Biaya normal

Proses dari pengurusan balik nama sertifikat di BPN ini seperti yang di cantumkan di atas, biasanya membutuhkan waktu kurang dari satu hari. Hanya saja, untuk sertifikat baru ini akan keluar setelah lima hari berikutnya. Biasanya biaya pendaftaran layanan ini adalah 50.000. Sementara biaya yang harus di keluarkan dalam proses balik nama tergantung pada nilai dari tanah tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *