Berapa Lama Idealnya Jangka Waktu KPR?

Berapa Lama Idealnya Jangka Waktu KPR?

Berapa Lama Idealnya Jangka Waktu KPR? – Harga rumah yang meningkat setiap tahunnya ini membuat banyak orang tidak memiliki kemampuan untuk membeli rumah secara tunai. Tapi, dengan adanya cicilan kredit kepemilikan rumah sekarang , banyak orang lebih memilih cicilan ini karena tidak perlu langsung membayar full.

Berapa lama idealnya mencicil KPR?

KPR telah menjadi jalan pintas untuk orang yang ingin memiliki rumah idaman. Bank biasanya menawarkan jangka waktu 5 hingga 25 tahun. Semakin lama jangka waktu KPR, maka akan semakin kecil cicilan bulanan yang harus di tanggung, dan sebaliknya semakin singkat jangka waktu KPR, maka semakin besar juga jumlah cicilan bulanan yang harus di tanggung.

Tapi anda harus ingat jika tenor KPR panjang, maka total bunga yang harus di bayar juga besar. Maka dari itu, pertimbangkanlah matang-matang jangka waktu KPR yang tepat.

Berikut ini yang bisa menjadi bahan pertimbangan anda

Usia

Bank biasanya menetapkan usia maksimal oleh seorang debitur ketika cicilan nya berakhir. Jadi, untuk perkara usia biasanya berkaitan erat dengan tenor KPR. Biasanya menetapkan usia maksimal 55 hingga 65 tahun.  Artinya jika anda mengambil KPR di usia 20 tahun, maka tentu saja tidak masalah jika mengambil tenor 20 hingga 25 tahun. Tapi jika usia anda sudah 40 tahun, tenor 20 – 25 tahun pastinya sudah sulit untuk mendapatkan persetujuan dari bank. Alternatif lainnya adalah mengambil tenor 5 hingga 15 tahun. Maka dari itu, lebih idealnya untuk mengajukan KPR ketika usia muda sehingga lebih fleksibel untuk memilih tenor waktu

Rencana Jangka Panjang

Selain usia, tenor KPR juga diselaraskan dengan rencana janka panjang keluarga. Seperti misalnya ingin membeli rumah kedua 15 tahun kemudian, maka sebaiknya rumah pertama memilih tenor 10 hingga 15 tahun. Sehingga ketika waktu membeli rumah kedua, maka rumah pertama sudah lunas.

Pemasukan

Pasangan suami istri pastinya ingin rumahnya cepat lunas. Tapi sayangnya seringkali kemampuan finansial ini menghambat. Maka dari itu, jalan keluarnya adalah mengambil KPR dengan tenor panjang 25 tahun agar dapat membayar cicilan setiap bulannya. Apabila mengambil tenor hanya 15 tahun, pastinya belum tentu sanggup membayar cicilan bukan? Maka lebih baik sesuaikanlah dengan kemampuan masing masing.

Cicilan Lain

Perencanaan keuangan seringkali memberikan saran agar cicilan utang anda tidak melebihi 30% dari penghasilan. Hitung baik baik berapa besar cicilan KPR sesuai dengan kemampuan anda. Apabila cicilan lain seperti mobil, hitunglah apakah jumlah kedua cicilan tersebut mencapai 30% dari penghasilan. Setelah mengetahui berapa besar cicilan KPR sesuai kemampuan, memilih KPR tenor pun akan lebih mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *